Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis Artikel yang Mudah dan Lengkap

 


Hai Sobat Ra, yuk mari kita belajar nulis bareng. Jangan kalah sama temen yang lain ya, banyak loh para penulis sukses. Apalagi bagi yang suka dan konsisten main blogger, so pasti sukses bareng, yuk capai kesuksesan bareng dengan memulai membaca artikel ini.

Ada keajaiban bagi kamu yang mau berjuang. Kalau di sini, Saya mau bagi trik menulis artikel dengan cara yang mudah dan membuat artikel itu lengkap.

Tentukan Tema

Pertama, kamu harus paham terlebih dahulu, hendak menulis apa. Jika sudah paham ingin bahas, usahakan sesuai dengan pengetauan mu ya, biar lebih gampang nyusunnya. Cari datanya juga tidak ribet-ribet. Jangan lupa pula ya kakak, mau nulis jenis tulisan apa.

Oke, mau bahas tentang tema ya, apa itu tema? tema adalah pokok pikiran dari sebuah cerita atau pembahasan dalam suatu tulisan. Jika kamu ingin menulis, tentu harus punya tema dulu, bahkan sebelum tema, yang paling dasar adalah ide.

Kapan-kapan saja ya, Saya kasih tahu tentang ide itu apa. Yang jelas ide secara sederhananya adalah sebuah sekelebat info yang tiba-tiba saja terlintas dipikiran.

Lalu bagaimana caranya kita menentukan tema? Pertama, kamu harus punya ide dulu, lalu cari tema secara universalnya apa. Itu saja sih, oh iya, temanya yang mudah kamu kuasai ya.

Mencari Referensi Artikel untuk Bahan Menulis

Langkah berikutnya, kamu bisa mengumpulkan bahan sesuai dengan apa yang ingin hendak kamu tulis. Cari sebanyak-banyaknya ya, biarkan data-data itu terkumpul, dan seleksi sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Artikel yang lengkap, tentu pembahasannya harus lengkap pula. Kalau perlu, jangan hanya mencari di internet saja. Tetapi butuh sumber dari buku, biar lebih valid.

Jangan lupa untuk menuliskan sumber-sumber itu. Nanti, ketika artikel selesai, sumbernya bisa ditautkan di bawah artikel yang paling bawah.

Setelah kamu sibuk menyusun bahan, olah bahan itu, pahami dulu, baca berulang-ulang. Kalau sudah paham, rangkau tulisan sesuai dengan khas darimu ya. Kalau pertama-tama, boleh lah, kalau membaca artikel orang lain untuk di rewrite, tapi nanti, kalau sudah biasa, pasti bisa memunculkan karakter tulisan khas Kamu.

Buat orang tidak bosan membaca ya.

Cara Menulis Artikel yang Baik dengan Struktur yang Pas

Kamu harus tahu terlebih dahulu, hendak menulis artikel jenis apa. Pernah belajar bahasa Indonesia? Ada banyak bentuk tulisan, misalnya saja artikel narasi, artikel deskripsi, atau yan lain. Di sini, tugas kamu, menentukan mau menulis jenis apa dulu.

Oh iya, lupa saya. Kamu menulis artikel untuk ditaruh di internet atau untuk cetak ya? Coba pikirkan dulu. Kalau untuk blog, ada strukturnya sendiri. Untuk terkait ini, nanti akan Saya jelaskan secara lengkap di artikel lainnya.

Saya mau kasih trik menulis artikel blog secara dasar saja. Yaitu, nulisnya yang padat, dan memainkan kata kunci. Kalau perlu, ada sub headingnya. Bahkan katanya per sub heading, kasih 300 kata saja. Biar lebih terstruktur dan bisa menaikkan rangking di google.

Menulis Sesuai Hati

Trik terakhir, Kamu tinggal menyatukan tulisan 


Posting Komentar untuk "Menulis Artikel yang Mudah dan Lengkap"